Ini Adalah Artikel Terlama

Membuat Animasi Dengan Macromedia Flash

Banyak sekali software untuk membuat animasi gambar bergerak dengan format .GIF mulai dari software yang gratis sampai premium. Namun kali ini kita akan membuat dengan Macromedia Flash 8. Ngomong tentang animasi, apasih Animasi itu?
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
Oke, sekarang udah agak paham kan apa itu animasi? kalo udah paham apa itu animasi, saatnya kita beraksi. Follow step by step :
Pertama siapkan alat dan bahannya yaitu :
1. Macromedia Flash, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8.
2. Contoh Gambar Kupu-kupu seperti dibawah. kita akan menjiplak gambar dibawah lalu kita gerakan gambar kupu-kupunya agar menjadi sebuah animasi. Jikalau agan maupun aganwati ingin membuat kupu-kupu yang simpel tinggal buat badan, sayap kiri dan kanan tanpa membuat corak sayapnya lalu langsung ke langkah 6.
Setelah semua alat dan bahan terpenuhi, cara pertama :
1. Buat 4 layer berikut :
2. Insert Contoh Gambar Kupu-kupu ke layer Gambar Contoh, klik File > Import > Import to Stage, atau bisa juga pencet CTRL + R. Dan pastikan gambar tidak keluar dari workplace.
3. Pada layer sayap kiri, buatlah shape dengan Oval Tool lalu ubah dengan Subselection Tool agar berbentuk seperti sayap kiri, buatlah badannya juga pada layer badan. Untuk sayap kanan nanti kita tinggal copy paste dari sayap kiri.
4. Warnai shape sesuai selera anda dengan Paint Bucket Tool, iconnya ember tumpah. Jangan lupa warnai badannya juga.
5. Jika sudah selesai mewarnai, select dan Copy semua layer kiri lalu Paste pada layer kanan. Setelah tercopy kita tinggal membalikkan sayap kiri yang ada di layer Sayap Kanan agar jadi sayap kanan, caranya select semua sayap kanan, klik Modify > Trasform > Flip Horizontal. Atur posisi sayap kanan agar pas.
6. Setelah sayap kiri, kanan, dan badan sudah selesai, kini waktunya untuk menggerakkan sayapnya. sebelum sayap bisa digerakkan, kita harus meng-Convert to Symbol sayap terlebih dahulu, caranya select semua sayap kanan dan kiri, klik kanan lalu Convert to Symbol, jika keluar jendela konfirmasi, klik saja OK, maka nanti kedua sayap akan menjadi satu disalah satu layer, Delete saja layer yang tidak ada gambarnya.
7. Sekarang kita benar-benar akan menggerakkan sayapnya, caranya Insert Keyframe layer badan dan sayap pada frame 15, lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Pada frame 10 layer sayap Insert Keyframe lagi.

8. Ubah Tween layer sayap ke Motion(di properties) jika sudah berhasil maka di timeline layer sayap akan ada tanda panah yang menghubungkan frame.
9. Pada frame 10, gepengkan sayap seperti gambar dibawah.
10. Jalankan animasi (CTRL + ENTER).
Gimana? Mudah kan? Gak kerasa tutorialnya udah selesai... Belum jelas? Silahkan bertanya di kolom komentar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Orang bijak pasti nigggalin jejak.